Sabtu, 14 Juli 2012

2 BEBERAPA TEMAN TEKNIK MESIN 2011 YANG KELUAR

Adventius Ardi K
Andri Saputra
Angga Adi Surinda  
Devan Nolin Bangga K
Doni Hermawan
Enro Ryandi
 Fadhlillah
 Harlandi Prasetyawan
I Nyoman Adiguna Putra
M Adi Jaya S
Muhammad Hilman F.
Riyan Armando
Rizki Fedriansyah S  
Sigit Alfajar  
Theo Agung Nugroho
Gading Nur Rahmat
Aditya Kurniawan
Reza Mahesa Paksi

SEMOGA KALIAN SUKSES DILUAR SANA KAWAN!

0 Unila Tempati Posisi Ketiga SNMPTN Tulis se-Sumatera

(Unila): Rata-rata nilai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tulis Universitas Lampung (Unila) untuk program IPA maupun IPS menempati posisi terbaik tiga untuk wilayah Sumatera.

Untuk program IPA, posisi pertama ditempati Universitas Andalas (Unand) dengan skor 578,28, disusul Universitas Sumatera Utara (USU) dengan skor 578,20, selanjutnya Universitas Lampung (Unila) dengan skor 566,45.

Pada program IPS, posisi pertama ditempati USU dengan skor 62,87, kedua Unand dengan skor 597,34, dan ketiga Unila dengan skor 589,85. Sedangkan secara nasional untuk IPA, Unila menempati posisi ke-19 dan IPS di posisi ke-15 dari 61 perguruan tinggi.

"Artinya input kualitas mahasiswa Unila tahun ini cukup baik. Untuk ukuran Sumatera kita menempati posisi ke-3. Sedangkan untuk nasional kita masih masuk zona 20 besar," ujar Koordinator Humas Panitia Lokal SNMPTN Muhammad Komarudin dalam jumpa pers, Jumat (6/7).

Ia melanjutkan, secara nasional rata-rata nilai tertinggi IPA ke-1 ITB (788,34), ke-2 UI  (735,94), ke-3 UGM (677,63), ke-4 ITS skor (675,53), dan ke-5 Unair. Selanjutnya untuk IPS posisi ke-1 ditempati UI (688,38), ke-2 ITB (665,67), ke-3 UGM (643,24), ke-4 Unpad (631,77), dan ke-5 Unair (629,89).

Untuk nilai tertinggi SNMPTN 2012 IPA berada di program studi pendidikan Kedokteran UI dengan skor 927,14. Untuk IPS juga terdapat di program studi Akuntansi UI dengan skor 826,05. Sementara di Unila nilai tertinggi ada di fakultas kedokteran (704,11), ke-2 Akuntansi (646,13), ke-3 Pendidikan Matematika (635,99), ke-4 Pendididkan Bahasa Inggris (634,82), dan ke-5 Pendidikan Kimia (616,61).

"Jumlah pendaftar pada panitia lokal SNMPTN Bandar Lampung kemarin 17.622 peserta. Sementara jumlah mahasiswa baru yang diterima dalam SNMPTN Tulis 2.175 peserta. Yang diumumkan hari ini adalah mereka yang tes di Bandar Lampung dan dinyatakan lulus tidak hanya di Unila tetapi di perguruan tinggi negeri lainnya," urai Komarudin.

Ia menambahkan, dari segi rata-rata nilai peserta diketahui pula lulusan SMA di Bandar Lampung cukup kompetitif secara nasional. Dari 33 provinsi, Lampung menempati posisi ke-3 untuk program IPA maupun IPS. Artinya dari segi nilai peserta, Lampung sudah bisa mendekati 10 besar dari 33 provinsi yang ada.

"Untuk peserta Bidik Misi kita pun menerima 240 orang dari SNMPTN Tulis," pungkasnya

0 UKM Futsal Adakan Turnamen Pelajar dan Mahasiswa





(Unila): Salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) termuda di Universitas Lampung (Unila), yakni UKM Futsal akan mulai berunjuk gigi. UKM Futsal pada medio Juli ini akan mengadakan kegiatan Turnamen Futsal antar pelajar dan mahasiswa.
“Kegiatan ini tepatnya akan diadakan pada 14-16 Juli di Lapangan Interganda, Futsal Arena, dekat SMA 16 Bandar Lampung,” tutur Aan Hendri Dunan Maheda, Ketua UKM Futsal, Rabu (11/7). Pendaftaran sudah dibuka beberapa waktu lalu dan akan ditutup dua hari menjelang hari pelaksanaan.

Kegiatan ini digagas sebagai bukti eksistensi UKM Futsal yang usianya belum genap satu tahun di Unila. “Kami akan membuktikan eksistensi walau termasuk UKM baru di Unila. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan turnamen ini,” tambah Aan. Ia juga menambahkan kalau pelajar dan mahasiswa memang pasar potensial untuk olahraga futsal.

Aan tidak ingin terlalu jemawa. Ia dan seluruh pengurus UKM futsal tidak mau mengambil target terlalu tinggi untuk kegiatan yang mereka adakan kali ini. Apalagi kegiatan ini berdekatan dengan bulan puasa. “Target peserta untuk mahasiswa 14 tim, sedangkan untuk pelajar 16 tim,” paparnya.

Biaya pendaftaran untuk mahasiswa sebesar Rp 300.000 dan untuk pelajar Rp 250.000. “Biaya itu sudah termasuk beberapa fasilitas yang disediakan panitia. Bagi yang berminat mendaftar, bisa langsung menghubungi nomor saya (081929922456), karena sementara kami belum memiliki sekretariat tetap,” promosi Aan.

Ia juga berharap kalau kegiatan ini mendapat dukungan semua pihak, khususnya civitas akademika Unila dan pembina UKM universitas. “Semoga ke depan semakin banyak kegiatan turnamen futsal antar pelajar dan mahasiswa di Unila. Hal itu akan membuat nama UKM Futsal dan Unila lebih dikenal warga Lampung,” tutupnya seraya berharap


0 Jadwal Pembayaran SPP Mahasiswa Lama TA 2012/2013



PrintE-mail

Rabu, 04 Juli 2012

0 Presiden dan Wakil Presiden BEM Unila Terpilih Aklamasi

Pasangan presiden mahasiswa dan wakil presiden mahasiswa terpilih dengan jargon “Cerdas, Aspiratif, dan Progresif” menyampaikan visi dan misi dihadapan publik mahasiswa Universitas Lampung  pada Rabu (27/6) di pelataran Gedung Pusat Komputer (Puskom) Unila. Penyampaian visi misi ini sebagai bentuk sosialisasi langsung kepada mahasiswa sebelum secara resmi  dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM).

Pasangan Arjun Fatahillah (Fakultas Teknik ‘08) dan Nanda Satriana (FKIP ‘09) merupakan pasangan presiden dan wakil presiden yang terpilih secara aklamasi pada Pemilihan Raya  (Pemira) tingkat Universitas Lampung (Unila) tahun 2012 ini.

Panitia Khusus (Pansus) Pemira Universitas sendiri sudah mulai bekerja sejak 3 Juni 2012 dengan  mengusung  tema “Mewujudkan Pemira yang Bersih, Adil, dan Cerdas untuk Unila yang Lebih Baik”.  “Kami sudah berupaya untuk menyosialisasikan Pemira ini kepada seluruh masyarakat Unila,” ujar Ketua Pansus Pemira Unila Rudi Hari Perdana.

Dari semua berkas yang masuk, baik berkas presiden dan wakil presiden, Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas (DPMU) maupun Dewan Mahasiswa Perwakilan Fakultas (DMPF) semuanya tidak mencukupi kuota yang diberikan.  “Kami sudah melakukan perpanjangan pengambilan berkas, tapi tetap saja penambahan yang ada tidak terlalu besar, kuota masih kurang,” terang mahasiswa Teknik Sipil Unila ini pada Kamis (20/6).

Tim verifikasi yang terdiri dari presidium Pansus dan divisi acara telah melakukan verifikasi selama 2 hari sejak Selasa (18/6) sampai Rabu (19/6).

Rudi menjelaskan bahwa hanya 1 (satu) berkas saja yang tidak lolos dari DPMU. Untuk berkas calon presiden dan wakil presiden yang masuk hanya 1 (satu) pasang kandidat, yaitu pasangan Arjun Fatahillah (Fakultas Teknik ‘08) dan Nanda Satriana (FKIP ‘09) yang mengacu pada peraturan yang ada. Maka secara otomatis pasangan tersebut terpilih secara aklamasi sebagai presiden dan wakil presiden BEM-U KBM Unila periode 2012-2013.

Selanjutnya,  untuk Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas (DPMU), tercatat 34 berkas yang masuk, dengan 33 berkas yang dinyatakan lolos verifikasi. Sedangkan 4 (empat)  berkas Dewan Mahasiswa Perwakilan Fakultas (DMPF) yang masuk, semuanya lolos verifikasi.

Minggu, 01 Juli 2012

0 TIPS MENGHEMAT BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR


BUKA-TUTUP GAS SEIRAMA
Jangan bergaya stop and go. Tutup dan buka gas full. Tapi, mainkan irama sesuai putaran mesin. Secara teknis antara rpm dan torsi senada. Di sini dibutuhkan feeling kuat. Apalagi, pas pindah gigi. Jangan sampai telat. Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gas. “Buka gasnya pun mesti sesuai putaran mesin. Jangan buka gas, tapi tenaga motor masih rendah,”.

Paling gampang dicoba pas turunan dan tanjakan. Di turunan nggak usah open throttle. Cara seperti itu ngasih beban berlebihan. Bahan bakar deras, tapi enggak sesuai kebutuhan ruang bakar.

KURANGI PENGGUNAAN ENGINE BRAKE (BUKAN GAK PAKE, TAPI KURANGI)
Di harian jangan disamakan dengan balap. Hapus teknik engine brake. Teknik seperti memaksa mesin berputar, tapi enggak sesuai dengan daya yang dihasilkan. Berarti bahan bakar ngocor, sementara enggak terbakar sempuran. “Paling bagus pakai rem. Mesin enggak dipaksa berputar.

HINDARI MENGEREM SAMBIL NGEGAS
Ini biasa dilakukan kaum Hawa. Enggak nyadar, rem belakang diinjak, tapi gas tetap manteng. Sekali lagi, rpm dan torsi nggak keluar maksimal. Mirip sama orang mau buang air besar, tapi ditahan. Proses pembakaran yang semestinya menghasilkan daya, tapi tertahan. Pembakaran pun jadi sia-sia.

HARAM GEBER DI LAMPU MERAH
Kebiasan bergaya. Kondisi mesin idle atau posisi gigi lagi netral, tapi gas digeber-geber. Campuran bahan bakar dan udara dari karburator masuk ke ruang bakar. Wah, di sini nih bensin akan ngocor deras, tapi terbuang percuma. Mubazir, kan. “Posisi mesin langsam bisa dianggap saat bahan bakar banyak terbakar. Ditambah lagi main geber. Pasti jadi makin boros,”

JANGAN TERLALU LAMA MEMANASKAN MESIN
Cara lama. Sebelum berangkat ngantor, sekolah, atau kuliah motor dinyalakan. Dibiarkan berlama-lama. Katanya sih supaya oli naik dan membasahi semua komponen mesin sebelum motor dijalankan. Ingat lho, posisi mesin langsam bikin bahan bakar terbuang percuma.
lama waktu buat memanaskan mesin paling pas 1 sampai 2 menit aja

0 tips merawat busi


Meski bentuknya kecil. Busi (dari bahasa Belanda bougie) atau spark plug pada sistem pengapian berfungsi sebagai alat untuk memercikan api listrik guna membakar campuran gas pada ruang bakar. Percikan api listrik ini diperoleh dari tegangan tinggi yang dihasilkan oleh ignition coil. Tanpa percikan bunga api yang dihasilkannya, mesin tak akan bekerja. Agar mesin bekerja prima sebaiknya Anda rajin memerhatikankondisi busi. Salah satu cara perawatannya adalah membersihkan busi dari kotoran dan sisa pelumas. Berikut ini cara perawatan busi.
*Lepaskan semua busi dengan kunci busi, jangan sekali-kali memakai kunci pas. Periksalah kondisinya. Jika busi kering dan berkerak abu-abu menandakan kondisi pembakaran motor Anda baik. Bila basah serta kerak berwarna hitam, menggambarkan pembakaran mesin kurang sempurna.
*Sebelum busi dilepas, lubang tempat busi bersemayam harus dibersihkan terlebih dahulu. Cukup dengan kain bersih. Ketika melakukan pembersihan, cek kondisi penutup busi apakah masih dalam kondisi baik. Bersihkan mulut busi bagian luar dengan menggunakan sikat kawat. Untuk memudahkan pembersihan, busi direndam dengan bensin atau minyak tanah sebelum dibersihkan. setelah bersih keringkan. Bersihkan elektrode masa dengan kikir plat tipis. Ukur celah busi untuk mengoptimalkan kinerja busi Anda.
*Periksa kembali celah antara elektroda positif (bagian membulat) dan elektroda negatif (bagian melengkung yang nampak keluar dari busi). Kembalikan pada posisi normal sesuai buku petunjuk. Pada umumnya celah busi berjarak 0,8 mm - 1,2mm.
*Setelah itu masukkan kembali busi pada tempatnya. Harap diingat, jangan mengencangkan busi hingga terlalu keras. Sebab, bila itu terjadi busi akan sulit kembali dilepas atau bisa saja menyebabkan rusaknya arus ulir pada lubang mesin. Bersihkan busi secara teratur. Agar umur pemakaian busi Anda bisa lebih panjang, sebaiknya setiap 5.000 km Anda membersihkannya dengan tiupan angin atau dengan sikat khusus.
Perawatan busi akan sangat membantu proses optimasi pembakaran. Sehingga tak saja busi, platina maupun injektor juga akan lebih awet.

0 tips merawat aki motor

Tips Merawat Aki Motor Supaya Awet - Aki merupakan salah satu alat penting dalam motor. Aki merupakan sumber arus searah yang digunakan dalam motor. Jika tidak diperhatikan kegunaannya, tentu akan menyebabkan motor susah hidup.

Agar kejadian itu tidak menimpa Anda, ini dia tips aki motor supaya bertahan lama. Tips ini untuk motor yang memiliki kick starter (sistem engkol).

1. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah permukaan cairan yang harus tetap berada antara garis permukaan atas dengan garis permukaan bawah atau cek setiap 2 bulan sekali. Jika mendapatkan cairan berada pada garis permukaan bawah tambahkan air aki hingga mencapai batas permukaan atas.

2. Hindari memodifikasi aliran listrik aki. Menyambung kabel ke aki dengan cara tidak benar menyebabkan daya listrik cepat habis. Terlebih bila sistim pengisian ke accu bermasalah.

3. Walaupun motor tersemat starter elektrik, sebisa mungkin Anda menggunakan kick starter (engkol) untuk menghidupkan mesin motor. Hal tersebut biasanya dilakukan pada pagi hari ketika hendak beraktivitas. Penggunaan kick starter di pagi hari ternyata cukup signifikan menghemat baterai aki.

4. Cara lain yang ampuh menghemat aki motor adalah perhatikan jarak antara penggunaan motor dan tidak menggunakan motor. Biasanya pengguna motor secara acak menggunakan motor.

Karenanya dalam hal ini kita perlu teliti. Anda sebaiknya menggunakan starter engkol ketika motor tidak digunakan dalam waktu 8-12 jam. Sementara jika motor tidak digunakan dalam waktu singkat (5-7 jam), Anda bisa memanfaatkan eletrik starter.

Tips tersebut terbukti bagus untuk penggunaan aki motor. Setidaknya, bisa menghemat aki motor cair 3-4 tahun.

0 Air Ini Hanya Khusus Untuk Insinyur



Ini sebuah kisah nyata inspiratif, memiliki cara berpikir positif atas segala hal sehingga menghasilkan "buah" yang manis di kemudian hari.


Di sebuah perusahaan pertambangan minyak di Arab Saudi, di akhir tahun40-an....

Seorang pegawai rendahan, remaja lokal asli Saudi, kehausan dan bergegas mencari air untuk menyiram tenggorokannya kering. Ia begitu gembira ketika melihat air dingin yang tampak didepannya dan bersegera mengisi air dingin ke dalam gelas.

Belum sempat ia minum, tangannya terhenti oleh sebuah hardikan: "Hei, kamu tidak boleh minum air ini. Kamu cuma pekerja rendahan. Air ini hanya khusus untuk insinyur" Suara itu berasal dari mulut seorang insinyur Amerika yang bekerja di perusahaan tersebut.

Remaja itu akhirnya hanya terdiam menahan haus. Ia tahu ia hanya anak miskin lulusan sekolah dasar. Kalaupun ada pendidikan yang dibanggakan, ia lulusan lembaga Tahfidz Quran, tapi keahlian itu tidak ada harganya di perusahaan minyak yang saat itu masih dikendalikan oleh manajeman Amerika.

Hardikan itu selalu terngiang di kepalanya. Ia lalu bertanya-tanya: Kenapa ini terjadi padaku? Kenapa segelas air saja dilarang untuk ku? Apakah karena aku pekerja rendahan,sedangkan mereka insinyur ? Apakah kalau aku jadi insinyur aku bisa minum? Apakah aku bisa jadi insinyur seperti mereka?

Pertanyaan ini selalu tengiang-ngiang dalam dirinya. Kejadian ini akhirnya menjadi momentum baginya untuk membangkitkan "SIKAP POSITIF" . Muncul komitmen dalam dirinya. Remaja miskin itu lalu bekerja keras
siang hari dan melanjutkan sekolah malam hari. Hampir setiap hari ia kurang tidur untuk mengejar ketertinggalannya.

Tidak jarang olok-olok dari teman pun diterimanya. Buah kerja kerasnya menggapai hasil. Ia akhirnya bisa lulus SMA. Kerja kerasnya membuat perusahaan memberi kesempatan padanya untuk mendalami ilmu. Ia dikirim ke Amerika mengambil kuliah S1 bidang teknik dan master bidang geologi. Pemuda ini lulus dengan hasil memuaskan. Selanjutnya ia pulang kenegerinya dan bekerja sebagai insinyur.

Kini ia sudah menaklukkan ”rasa sakit”nya, kembali sebagai insinyur dan bisa minum air yang dulu dilarang baginya. Apakah sampai di situ saja. Tidak, karirnya melesat terus. Ia sudah terlatih bekerja keras dan
mengejar ketinggalan, dalam pekerjaan pun karirnya menyusul yang lain. Karirnya melonjak dari kepala bagian, kepala cabang, manajer umum sampai akhirnya ia menjabat sebagai wakil direktur, sebuah jabatan tertinggi yang bisa dicapai oleh orang lokal saat itu.

Ada kejadian menarik ketika ia menjabat wakil direktur. Insinyur Amerika yang dulu pernah mengusirnya, kini justru jadi bawahannya. Suatu hari insinyur tersebut datang menghadap karena ingin minta izin libur dan
berkata; "Aku ingin mengajukan izin liburan. Aku berharap Anda tidak mengaitkan kejadian air di masa lalu dengan pekerjaan resmi ini. Aku berharap Anda tidak membalas dendam, atas kekasaran dan keburukan
perilakuku di masa lalu"

Apa jawab sang wakil direktur mantan pekerja rendahan ini: "Aku ingin berterimakasih padamu dari lubuk hatiku paling dalam karena kau melarang aku minum saat itu. Ya dulu aku benci padamu. Tapi, setelah
izin Allah, kamu lah sebab kesuksesanku hingga aku meraih sukses ini."

Kini sikap positfnya sudah membuahkan hasil, lalu apakah ceritanya sampai di sini?

Tidak. Akhirnya mantan pegawai rendahan ini menempati jabatan tertinggi di perusahaan tersebut. Ia menjadi Presiden Direktur pertama yang berasal dari bangsa Arab.

Tahukan kamu apa perusahaan yang dipimpinnya? Perusahaan itu adalah Aramco (Arabian American Oil Company)perusahaan minyak terbesar di dunia. Ditangannya perusahaan ini semakin membesar dan kepemilikan Arab Saudi semakin dominan. Kini perusahaaan ini menghasilakn 3.4 juta barrels (540,000,000 m3) dan mengendalikan lebih dari 100 ladang migas di Saudi Arabia dengan total cadangan 264 miliar barrels (4.20×1010 m3) minyak dan 253 triliun cadangan gas.

Atas prestasinya Ia ditunjuk Raja Arab Saudi untuk menjabat sebagai Menteri Perminyakan dan Mineral yang mempunyai pengaruh sangat besar terhadap dunia.

Ini adalah kisah Ali bin Ibrahim Al-Naimi yang sejak tahun 1995 sampai  saat ini (2011) menjabat Menteri Perminyakan dan Mineral Arab Saudi.

Terbayangkah, hanya dengan mengembangkan hinaan menjadi hal yang positif, isu air segelas di masa lalu membentuknya menjadi salah seorang penguasa minyak yang paling berpengaruh di seluruh dunia.

0 Fungsi dan cara kerja Mesin Injeksi

Fungsi dan cara kerja komponen injeksi Bahan bakar bensin elektronik

Sistem EFI itu terdiri dari tiga system utama,yaitu system bahan bakar,system induksi udara,dan system control elektronik. Untuk sepeda motornya bisa dilihat di Sepeda Motor Injeksi Honda
a. Sistem Bahan bakar
Sitem Bahan Bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar.
Komponen system bahan bakar terdiri atas
1) Pompa Bahan bakar
Pompa bahan bakar berfungsi utuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injector.Pompa bahan bakar yang digunakan adalah pompa bahan bakar listrik
2) Fuel pulsation damper
Fuel pulsation damper berfungsi sebagai penyerap perubahan tekanan pada saluran tekanan karena adanya injeksi.Tekanan bahan bakar dalam intake manifold dipertahankan oleh pressure regulator

3) Pressure Regulator
Pressure regulator berfungsi mengatur tekanan bahan bakar ke injector-injektor.Jumlah bahan bakar yang di injeksikan diatur oleh sinyal yang di berikan ke injector sehingga tekanan harus tetap pada tiap-tiap injketor.Untuk mendapatkan jumlah penyemprotan yang tepat,tekanan bahan bakar harus dipertahankan lebih kurang 2,55 kg/cm2.
4) Injektor
Injektor adalah sebuah nozzle elektromagnetik yang kerjanya dikontrol leh computer.Injektor dilengkapi dengan heat insulator pada saluran masuk atau pada kepala slinder yang dekat dengan lubang pemasukan
5) Cold start injektor
Cold start Injektor digunakan untuk mensuplai bahan-bahan pada saat suhu motor masih rendah.Injektor ini dipsang di baian tengah ruangan udara masuk.Injektor bekerja hanya pada saat start bila temperature air pendingin di bawah 220 Celsius.

b. Sistem induksi udara berfungsi untuk menyediakan sejumlah udara yang diperlukan untuk pembakaran terdiri atas:
1) Throttle body
Throttle body terdiri atas katup therottle untuk mengontroludara masuk,sebuah system by pass udara yang mengatur aliran udara pada putaran idle dan sebuah throttle position sensor untuk menyensor kondisi terbukanya katup therottle.
2) Katup udara
Katup udara di gunakan untuk fast idle yang bekerjanya oleh bimetal dan heat coil motor dalam keadaan dingin.Katup udara di pasangkan pada permukaan samping kanan slinder.Jika putaran fast idle selama pemanasan tidak stabil atau rendah maka hali ini antara lain disebabkan oleh kesalahan pembukaan katup udara.
3) Air flow meter
Air flow meter mendeteksi jumlah udara yang masuk dan mengirimkan sinyal ke computer yang menentukan dasar jumlah injeksi.Air flow meter terdiri atas plat pengukur,pegas kembali ,baut penyekat campuran idle,sensor udaa masuk dan switch pompa bahan bakar.
4) system Kontrol Elektronik (ECU)
Sistem Kontrol elektronik mempunyai bermacam-macam sensor yang terdiri atas air flow meter,Sensor air pendingin,sensor psisi katup gas,sensor udara masuk,sensor gas tekan,dan sensor tekanan mesin.Perangkat ini akan menentukan lama kerja injector.Kelengkapan yang lain adalah main relay yang menyediakan sumber arus listrik ke computer.Circuit opening relay yang mengontrol kerja pompa bahan bakar dan sebuah resistor yang menstabilkan kerja injector.

0 Mesin Stirling



Dalam keluarga mesin kalor, Mesin Stirling didefinisikan sebagai mesin regenerasi udara panas siklus tertutup. Dalam konteks ini, siklus tertutup berarti bahwa fluida kerjanya secara permanen terkurung di dalam sistem, di mana mesin siklus terbuka seperti mesin pembakaran internal dan beberapa mesin uap, menukarkan fluida kerjanya dengan lingkungan sekitar sebagai bagiaan dari siklus kerja. Regenerasiberarti bahwa adanya penggunaan alat penukar panas internal, yang dapat meningkatkan efisiensi mesin. Banyak sekali kemungkinan dari penggunaan mesin stirling ini, dengan mayoritas masuk ke kategori mesin dengan piston tolak balik. Mesin stirling secara tradisional diklasifikasikan ke dalam mesin pembakaran eksternal, meskipun panas bisa didapatkan dari sumber selain pembakaran seperti tenaga matahari maupun nuklir. Mesin stirling beroperasi melalui penggunaan sumber panas eksternal dan heat sink eksternal, masing-masing dijaga agar memiliki perbedaan temperatur yang cukup besar.
Latar belakang
Dalam usaha meningkatkan konversi yang bisa didapat dari perubahan energi panas ke kerja, mesin stirling memiliki potensi untuk mencapai efisiensi tertinggi dari semua mesin kalor, secara teori sampai efisiensi maksimal mesin Carnot, meskipun dalam prakteknya usaha ini terus dibatasi oleh berbagai sifat-sifat non-ideal dari baik itu fluida kerjanya maupun bahan dari mesin itu sendiri, seperti gesekan, konduktivitas termal, kekuatan tensile, creep, titik lebur, dll. Mesin ini dapat dioperasikan melalui berbagai sumber panas yang dapat mencukupi, seperti tenaga matahari, kimia maupun nuklir.
Dibandingkan dengan mesin pembakaran internal, mesin Stirling memiliki potensi untuk lebih efisien, lebih tenang, dan lebih mudah perawatannya.
Belakangan ini, keuntungan mesin Stirling terus meningkat, hal ini dimungkinkan dengan adanya kenaikan harga energi, kelangkaan sumber energi, sampai kepedulian tentang masalah lingkungan seperti pemanasan global. Ketertarikan yang meningkat terhadap mesin Stirling ini berakibat dengan terus bertambahnya penelitian mengenai peralatan Stirling tersebut. Aplikasinya termasuk pemompaan air, astronautik, dan sebagai pembangkit listrik untuk sumber-sumber panas yang tidak sesuai dengan mesin pembakaran dalam seperti energi matahari.
Karakteristik mesin Stirling yang berguna lainnya adalah jika yang disuplai energi mekanik maka ia dapat beroperasi sebagai heat pump.
SEJARAH
Mesin Stirling ditemukan pertamakali oleh Dr Robert Stirling dan dipatenkan oleh dia pada tahun 1816.
(Adapted from:http://id.wikipedia.org/wiki/MesinStirling)

0 MESIN PERKAKAS



Mesin Bubut
Bubut merupakan suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak umpan (feeding).
Dengan mengatur perbandingan kecepatan rotasi benda kerja dan kecepatan translasi pahat maka akan diperoleh berbagai macam ulir dengan ukuran kisar yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan dengna jalan menukar roda gigi translasi (change gears) yang menghubungkan poros spindel dengan poros ulir (lead screw).
Roda gigi penukar disediakan secara khusus untuk memenuhi keperluan pembuatan ulir. Jumlah gigi pada masing-masing roda gigi penukar bervariasi besarnya mulai dari jumlah 15 sampai dengan jumlah gigi maksimum 127. roda gigi penukar dengan jumlah 127 mempunyai ke khususan karena digunakan untuk monversi dari ulir metrik ke ulir inchi.
• Prinsip Kerja Mesin Bubut
Poros spindel akan memutar benda kerja melalui piringan pembawa sehingga memutar roda gigi pada poros spindel. Melalui roda gigi penghubung, putaran akan disampaikan ke roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir tersebut diubah menjadi gerak translasi pada eretan yang membawa pahat. Akibatnya pada benda kerja akan terjadi sayatan yang berbentuk ulir.
• Bagian-Bagian Mesin Bubut
Mesin bubut terdiri dari meja (bed) dan kepala tetap (head stock). Di dalam kepala tetap terdapat roda-roda gigi transmisi penukar putaran yang akan memutar poros spindel. Poros spindel akan menmutar benda kerja melalui cekal (chuck). Eretan utama (appron) akan bergerak sepanjang meja sambil membawa eretan lintang (cross slide) dan eretan atas (upper cross slide) dan dudukan pahat. Sumber utama dari semua gerakkan tersebut berasal dari motor listrik untuk memutar pulley melalui sabuk (belt).
Mesin Freis
Freis merupakan suatu proses memakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan menggunakan pahat yang diputar oleh poros spindel mesin. Pahat Freis (milling cutter) termasuk jenis pahat bersisi potong banyak (multiple point tool). Mesin Freis dari segi operasionalnya dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a Mesin Freis horizontal
b Mesin Freis vertikal
c Mesin Freis serba guna (universal)
d Mesin Freis khusus (special purpose)
Jenis-jenis Freis tersebut diatas memiliki prinsip kerja yang sama. Yang membedakan adalah ukuran benda kerja yang dapat dikerja oleh mesin Freis.
• Prinsip Kerja Mesin Freis
Proses pemotongan (penyayatan) dilakukan dengan menggunakan pahat yang diputar oleh arbor yang berhubungan langsung dengan poros spindel mesin. Posisi pahat pada arbor dapat diatur dengan mengatur letak cincin pemisah (spacer). posisi dari poros arbor atau poros merupakan penentu dari jenis apakah mesin Freis ini, apakah jenis mesin Freis horizontal atau pun vertikal. Untuk mengerjakkan benda-benda kerja yang mempunyai bentuk yang rumit dan ukuran yang relatif besar yang tidak mungkin dikerjakan pada mesin-mesin Freis horizontal maupun vertikal maka dibuat mesin Freis khusus (special purpose).
• Bagian-Bagian Mesin Freis
Mesin ini terdiri dari badan atau kolom yang menyangga ram. Pada bagian depan kolom dipasang batang bimbing (guide) slide ways sehingga lutut (knee) yang ditumpu oleh batang ulir bergerak naik-turun secara lurus. Diatas lutut dipasang pelana (sddle) yang bergerak kemuka dan kebelakang sepanjang guide. Diatas pelana dipasangkan meja yang dapat bergerak ke kiri dan ke kanan agar lutut dapat bergerak naik turun, pelana bergerak maju mundur dan meja bergerak ke kiri dan ke kanan. Tujuan dari gerakan-gerakan pada mesin Freis untuk memenuhi gerak umpan (feeding) tetapi juga untuk memudahkan dalam menentukan posisi pahat terhadap benda kerja sebelum proses pemotongan dilakukan.
Mesin Scrap
Scarp merupakan proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan oleh badan mesin (ram) yang meluncut bolak-balik pada Gerak potong pahat pada benda kerja merupakan gerakan lurus translasi. Dalam hal ini benda kerja dalam keadaan diam dan pahat bergerak lurus translasi. Pada saat pahat melakukan gerak balik, benda kerja juga melakukan gerak umpan (feeding). Sehingga punggung pahat akan tersangkut pada benda kerja yang sedang bergerak tersebut. Untuk menghindari gangguan ini, pangkal dudukan pahat diberi engsel sehingga punggung pahat dapat berayun pada waktu balik menyentuh benda kerja.
• Prinsip Kerja Mesin Scrap
Benda kerja diletakkan dan dijepit pada meja. Posisi meja dapat juga dinaik-turunkan sepanjang pembimbing melalui poros ulir. Dengan memutar poros ulir yang telah dihubungkan dengan roda gigi maka gerakkan suap dari meja sepanjang pembimbing dapat dilakukan. Dimana roda gigi digerakkan oleh tuas pengungkit secara berkala. Gerakkan berkala ini dibuat sedemikian rupa sehingga poros ulir hanya bergerak pada waktu ram melakukan gerak balik membawa dudukan pahat. Gerak putar dari motor listrik diubah menjadi gerak translasi pada ram.
• Bagian-Bagian Mesin Scrap
Diatas badan mesin terdapat ram yang meluncur bolak-balik pada pembimbing (guide). Didepan ram dipasang leher sehingga dudukan pahat dapat berputar posisi ke kiri dan ke kanan. Tuas pemutar digunakan untuk menurunkan/menaikkan posisi dudukan pahat sehingga ujung pahat posisinya terhadap benda kerja dapat diatur.
Mesin Gerinda
Mesin gerinda merupakan proses menghaluskan permukaan yang digunakan pada tahap finishing dengan daerah toleransi yang sangat kecil sehingga mesin ini harus memiliki konstruksi yang sangat kokoh.
• Bagian-bagian Mesin Gerinda
 Bagian badan mesin yang biasanya terbuat dari besi tuang yang memiliki sifat sebagai peredam getaran yang baik. Fungsinya adalah untuk menopang meja kerja dan menopang kepala rumah spindel.
 Bagian poros spindel merupakan bagian yang kritis karena harus berputar dengan kecepatan tinggi juga dibebani gaya pemotongan pada batu gerindanya dalam berbagai arah.
 Bagian meja juga merupakan bagian yang dapat mempengaruhi hasil kerja proses gerinda karena diatas meja inilah benda kerja diletakkan melalui suatu ragum ataupun magnetic chuck yang dikencangkan pada meja ini.
Mesin Gergaji
Gergaji merupakan alat perkakas yang berguna untuk memotong benda kerja. Mesin gergaji merupakan mesin pertama yang menentukan proses lebih lanjut. Dapat dimaklumi bahwa mesin ini memiliki kepadatan operasi yang relatif tinggi pada bengkel-bengkel produksi. Gergaji tangan biasa digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang sederhana dalam jumlah produksi yang rendah. Untuk pekerjaan-pekerjaan dengan persyaratan ketelitian tinggi dengan kapasitas yang tinggi diperlukan mesin-mesin gergaji khusus yang bekerja secara otomatik dengan bantuan mesin.
Mesin-mesin gergaji memiliki konstruksi yang beragam sesuai dengan ukuran, bentuk dan jenis material benda kerja yang akan dipotong. Adapun klasifikasi mesin-mesin gergaji yang terdapat digunakan adalah sebagai berikut:
a Mesin gergaji bolak-balik (Hacksaw-Machine)
Mesin gergaji ini umumnya memiliki pisau gergaji dengan panjang antara 300 mm sampai 900 mm dengan ketebalan 1,25 mm sampai 3 mm dengan jumlah gigi rata-rata antara 1 sampai 6 gigi iper inchi dengan material HSS. Karena gerakkan yang bolak-balik, maka waktu yang digunakan untuk memotong adalah 50%.
b Mesin gergaji piringan (Circular Saw)
Diameter piringan gergaji dapat mencapai 200 sampai 400 mm dengan ketebalan 0,5 mm dengan ketelitian gerigi pada keliling piringan memiliki ketinggian antara 0,25 mm sampai 0,50 mm. pada proses penggergajian ini selalu digunakan cairan pendingin. Toleransi yang dapat dicapai antara kurang lebih 0,5 mm sampai kurang lebih 1,5 mm.
c Mesin Gergaji pita (Band Saw)
Mesin gergaji yang telah dijelaskan sebelumnya adalah gergaji untuk pemotong lurus. Dalam hal mesin gergaji pita memiliki keunikan yaitu mampu memotong dalam bentuk-bentuk tidak lurus atau lengkung yang tidak beraturan. Kecepatan pita gergajinya bervariasi antara 18 m/menit sampai 450 m/menit agar dapat memenuhi kecepatan potong dari berbagai jenis material benda kerja.

0 Mengelas Molekul Menggunakan Radiasi Nuklir



Apabila mendengar kata nuklir, maka kejadian di Nagasaki dan Hiroshima lebih dari setengah abad yang lalu segera muncul dalam benak kita. Di penghujung Perang Dunia II itu, nuklir menunjukkan sosoknya dalam bentuk yang mengerikan. Dia menghancurkan dan memorak-porandakan kedua kota Negeri Sakura itu sampai rata dengan tanah.
  Citra suram berkaitan dengan nuklir itu tidak salah karena memang demikianlah sejarah telah mencatat. Namun demikian, harus disadari bahwa tampilan nuklir dalam bentuk bom nuklir hanyalah salah satu “wajah” yang dimilikinya. Masih banyak “wajah” lain yang ramah dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Salah satu manfaat yang dapat diambil dari nuklir adalah pemanfaatan radiasi yang dihasilkannya untuk “mengelas” molekul, khususnya molekul polimer. Istilah mengelas ini sangat cocok karena memang fenomenanya mirip sekali dengan pengelasan. Molekul polimer satu dengan yang lainnya disambung dengan memberikan titik-titik aktif pada bagian-bagian molekul tersebut. Aktivasi titik titik molekul tersebut mirip dengan pemanasan kawat logam sampai meleleh sehingga memungkinkannya disambung dengan kawat lain. Sebagai hasilnya, molekul satu dengan yang lain berikatan dan membentuk struktur baru berupa molekul berbentuk jejaring. Perubahan struktur ini akan melahirkan bahan dengan sifat yang baru.
Sebuah tim peneliti di Japan Atomic Energy Research Institute (JAERI) berhasil mengelas molekul polimer Polycaprolactone (PCL). PCL merupakan salah satu jenis polimer yang dapat hancur secara alamiah di alam (biodegradable) sehingga dijuluki sebagai polimer ramah lingkungan. Polimer ramah lingkungan ini “dilas” menggunakan radiasi sehingga rantai-rantai molekul PCL terikat satu sama lain (cross-linked). Setelah molekul-molekulnya terikat satu sama lain dan membentuk jejaring, PCL memiliki titik leleh yang lebih tinggi. Pada kondisi normal, PCL meleleh pada temperatur 55 derajat Celsius. Setelah dilakukan penyinaran dengan radiasi, PCL menunjukkan kenaikan titik leleh menjadi setinggi 120 derajat Celsius. Kenaikan titik leleh ini memberikan harapan yang lebih luas dalam pemanfaatan polimer ini, karena selama ini polimer ini kurang dimanfaatkan sebab, salah satunya, titik lelehnya yang terlalu rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyambungan molekul ini ternyata tidak mempengaruhi sifat keramahlingkungannya. Hal ini dikarenakan “pengelasan” tidak mengubah ikatan ester (-COOC-) yang merupakan penentu keramahlingkungannya.
Manfaat lain dari “pengelasan” molekul menggunakan sinar radiasi adalah pembuatan karet berkualitas tinggi. Karet yang diperoleh dengan radiasi memiliki kualitas tinggi karena karet tersebut memiliki kemurnian kimiawi yang jauh lebih tinggi dari karet konvensional. Pada pembuatan karet konvensional, proses vulkanisasi dilakukan dengan menambahkan zat aditif tertentu. Zat aditif inilah yang dikhawatirkan mempengaruhi sifat kimiawi karet yang tersusun dari bahan dasar polyisoprene. Kekhawatiran ini meningkat ketika karet digunakan pada kegiatan yang sangat peka terhadap perubahan sifat kimia, seperti pada bidang kedokteran dan bioteknologi. Jika vulkanisasi dilakukan dengan sinar radiasi, karet yang dihasilkan memiliki kemurnian kimiawi mendekati 100 persen polyisoprene. Karet jenis ini merupakan jawaban terhadap kekhawatiran-kekhawatiran di atas.
Vulkanisasi merupakan istilah yang salah kaprah, istilah yang sebenarnya secara substansi kurang tepat namun sering digunakan. Proses vulkanisasi sebenarnya proses pengikatan (cross-link) molekul polyisoprene sehingga menghasilkan elastisitas pada karet. Dinamakan vulkanisasi karena pada awalnya proses ini dilakukan menggunakan abu gunung berapi. Ketika itu belum diketahui dengan jelas proses yang terjadi di dalamnya. Hasil penelitian akhirnya berhasil menjawab teka-teki ini dan menunjukkan bahwa proses vulkanisasi sesungguhnya merupakan proses pengikatan antarmolekul polyisoprene dengan memanfaatkan unsur belerang yang banyak dikandung di dalam abu gunung berapi. Setelah itu dikembangkan berbagai macam zat aditif pengganti belerang dengan tingkat efisiensi pengikatan yang lebih tinggi. Sinar radiasi merupakan sebuah alternatif dengan keunggulan utama tanpa menggunakan zat aditif. Di Jepang, teknologi ini telah dikomersialisasikan oleh sebuah badan usaha yang dinamakan EB Systems kira-kira tiga tahun yang lalu. Salah satu produk yang dihasilkan berupa sarung tangan berkualitas tinggi untuk keperluan medis dan bioteknologi.
Pengaruh radiasi
Pengaruh radiasi pada molekul bermula dari pemberian energi radiasi kepada atom yang dijumpainya. Pemberian energi ini diterima oleh elektron dari atom-atom penyusunnya dan mengakibatkan terjadinya eksitasi atau ionisasi. Pada logam dan bahan keramik secara umum elektron akan kembali ke kondisi semula setelah melepaskan kembali energi yang dimilikinya. Tetapi tidak demikian halnya pada bahan-bahan organik. Eksitasi atau ionisasi dapat menyebabkan putusnya ikatan kimia dan dapat pula melahirkan ikatan kimia baru.
Pengaruh radiasi yang sangat menarik dapat kita jumpai pada molekul polimer, khususnya polimer dengan bentuk molekul memanjang. Ketika radiasi mengenai bagian rantai panjang molekul tersebut, beberapa titik pada molekul itu teraktivasi membentuk radikal yang sangat reaktif. Radikal yang reaktif ini memungkinkannya membentuk ikatan baru. Terjadinya ikatan ini dalam jumlah yang banyak menyebabkan molekul-molekul yang terikat tersebut akan membentuk jejaring yang memiliki sifat yang berbeda dengan molekul sebelumnya.
Molekul dalam bentuk jejaring tidak mudah bergerak karena molekul satu dan lainnya saling terikat. Oleh karena itu, untuk menjadikan molekul- molekul tersebut bergerak diperlukan energi yang lebih tinggi. Ini mengandung arti bahwa untuk menjadikan bahan tersebut meleleh (molekul bergerak) diperlukan energi yang lebih tinggi dalam bentuk suhu yang lebih tinggi dari sebelumnya. Pada PCL, pengikatan molekul ini menyebabkan kenaikan titik leleh dari 55 derajat Celsius menjadi 120 derajat Celsius.
Percobaan menggunakan PCL memberikan hasil yang menarik, yaitu bahwa bagian- bagian yang teraktivasi adalah bagian-bagian tertentu, tidak terjadi secara acak. Hal ini terbukti dari tingkat keramahlingkungan bahan tersebut yang tidak berubah setelah proses penyinaran. Tidak terjadinya perubahan ini menunjukkan bahwa tidak terjadi perubahan pada ikatan ester yang ada di dalam rantai utama PCL karena sifat keramahlingkungan ditentukan oleh adanya ikatan ini. Kenyataan ini merupakan fenomena yang menarik terkait dengan efek radiasi pada materi di mana penulis saat ini melakukan penelitian.
Terbentuknya molekul jejaring dapat melahirkan sifat elastisitas yang ditunjukkan pada karet. Hal ini dikarenakan conformation rantai molekul polimer berada dalam keadaan paling stabil dalam bentuk random coil. Oleh karena itu, rantai molekul yang berada di antara titik ikatan membentuk random coil. Kondisi ini memungkinkannya direntangkan menjadi lebih panjang, bahkan dapat berlipat-lipat dari panjang semula jika diberikan energi tertentu dan akan kembali ke kondisi awal jika energi yang diberikan dilepaskan kembali. Selama ini, kondisi ini hanya dapat dilahirkan menggunakan zat aditif yang berperan sebagai “tali pengikat” antarmolekul karet. Penemuan pengikatan antarmolekul karet menggunakan radiasi telah membuka cakrawala baru dalam dunia karet, khususnya berkaitan dengan tingkat kemurnian kimiawi karet yang dihasilkan.
Dibalik manfaat yang dapat diperoleh, ada yang perlu diwaspadai pada pengelasan molekul menggunakan radiasi ini. Pada pengelasan, kawat yang dapat menjadi putus jika pemanasannya berlebihan atau kapasitas mesin las terlalu tinggi. Demikian pula dengan pengelasan molekul dengan radiasi. Radiasi dengan energi tinggi, misalnya, memungkinkan rantai rantai utama molekul polimer terputus. Sebagai akibatnya, molekul polimer terpotong-potong menjadi molekul-molekul yang lebih kecil. Jika ini yang terjadi, bukan jejaring molekul yang didapatkan, justru potongan-potongan molekul yang diperoleh. Polimer yang telah terpotong molekulnya akan mengalami penurunan sifat seperti penurunan sifat mekanik, ketahanannya terhadap suhu dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk mengelas polimer diperlukan pemilihan “mesin las” yang tepat, yaitu berupa pemilihan jenis dan energi radiasi serta jumlah dosis radiasi yang diberikan. Pemilihan jenis dan energi radiasi dapat dilakukan melalui pemilihan jenis sumber radiasi, sedangkan jumlah dosis yang diberikan dapat diatur melalui lama penyinaran yang diberikan.
Pengelasan molekul polimer merupakan salah satu manfaat teknologi nuklir. Di samping itu masih banyak lagi aplikasi lain di bidang kedokteran, industri, hidrologi, pertanian, dan sebagainya. Oleh karena itu, sudah waktunya bagi kita untuk melihat kehadiran teknologi nuklir ini secara menyeluruh, adil, dan seimbang tanpa harus dibayang-bayangi oleh citra masa lalu yang telah menjadi bagian dari sejarah teknologi ini yang sekaligus juga merupakan sejarah umat manusia di muka bumi ini.
                          (adapted from:kompas 21 April 2004)

0 Mesin CNC



MESIN CNC
Pendahuluan
Awal lahirnya mesin CNC (Computer Numerically Controlled) bermula dari 1952 yang dikembangkan oleh John Pearseon dari Institut Teknologi Massachusetts, atas nama Angkatan Udara Amerika Serikat. Semula proyek tersebut diperuntukkan untuk membuat benda kerja khusus yang rumit. Semula perangkat mesin CNC memerlukan biaya yang tinggi dan volume unit pengendali yang besar. Pada tahun 1973, mesin CNC masih sangat mahal sehingga masih sedikit perusahaan yang mempunyai keberanian dalam mempelopori investasi dalam teknologi ini. Dari tahun 1975, produksi mesin CNC mulai berkembang pesat. Perkembangan ini dipacu oleh perkembangan mikroprosesor, sehingga volume unit pengendali dapat lebih ringkas.
Dewasa ini penggunaan mesin CNC hampir terdapat di segala bidang. Dari bidang pendidikan dan riset yang mempergunakan alat-alat demikian dihasilkan berbagai hasil penelitian yang bermanfaat yang tidak terasa sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat banyak.

Jenis Mesin CNC
Di industri menengah dan besar, akan banyak dijumpai penggunaan mesin CNC dalam mendukung proses produksi. Secara garis besar, mesin CNC dibagi dalam 2 (dua) macam, yaitu :
Mesin bubut CNC dan Mesin frais CNC
Cara Mengoparasikan Mesin CNC
Secara umum, cara mengoperasikan mesin CNC dengan cara memasukkan perintah numeric melalaui tombol-tombol yang tersedia pada panel instrument di tiap-tiap mesin. Setiap jenis mesin CNC mempunyai karakteristik tersendiri sesuai dengan pabrik yang membuat mesin tersebut. Namun demikian secara garis besar dari karakteristik cara mengoperasikan mesin CNC dapat dilakukan dengan dua macam cara, yaitu :
Sistem Absolut
Pada sistem ini titik awal penempatan alat potong yang digunakan sebagai acuan adalah menetapkan titik referensi yang berlaku tetap selama proses operasi mesin berlangsung. Untuk mesin bubut, titik referensinya diletakkan pada sumbu (pusat) benda kerja yang akan dikerjakan pada bagian ujung. Sedangkan pada mesin frais, titik referensinya diletakkan pada pertemuan antara dua sisi pada benda kerja yang akan dikerjakan.
Sistem Incremental
Pada system ini titik awal penempatan yang digunakan sebagai acuan adalah selalu berpindah sesuai dengan titik actual yang dinyatakan terakhir. Untuk mesin bubut maupun mesin frais diberlakukan cara yang sama. Setiap kali suatu gerakan pada proses pengerjaan benda kerja berakhir, maka titik akhir dari gerakan alat potong itu dianggap sebagai titik awal gerakan alat potong pada tahap berikutnya.
Sejalan dengan berkembangnya kebutuhan akan berbagai produk industri yang beragam dengan tingkat kesulitan yang bervariasi, maka telah dikembangkan berbagai variasi dari mesin CNC. Hal ini dimaksud untuk memenuhi kebutuhan jenis pekerjaan dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Berikut ini diperlihatkan berbagai variasi mesin CNC.
PC untuk Mesin CNC
PC (Personal Computer) sebagai perangkat input bagi mesin CNC sangat penting peranannya untuk memperoleh kinerja mesin CNC. Oleh karena itu setiap pabrik yang memproduksi mesin CNC juga memproduksi atau merekomendasi spesifikasi PC yang digunakan sebagai input bagi mesin CNC produksinya.
Pada mesin CNC untuk keperluan unit latih (Training Unit) atau dengan operasi sederhana, baik tampilan pada monitor maupun eksekusi program, maka PC yang dipergunakan sebagaimana pada mesin CNC jenis LOLA 200 MINI CNC, LEMU IITM, EMCO TU, maupun yang sejenis.
Perkembangan jenis pekerjaan yang menggunakan peranan mesin CNC sejalan dengan kebutuhan teknologi manufaktur semakin meningkat. Oleh karena itu dikembangkan pula perangkat PC yang dapat melayani mesin CNC dengan kinerja yang mampu mengatasi beberapa faktor kesulitan yang dijumpai pada proses manufaktur. Gambar 8 memperlihatkan tampilan monitor mesin CNC jenis E·IPC700-ECKELMANN, DNC NT-2000, WinPromateII – Baronics, Mirac PC, CamSoft, ProMotion® iCNC, maupun yang sejeni
Kode Standar Mesin CNC
Mesin CNC hanya dapat membaca kode standar yang telah disepakati oleh industri yang membuat mesin CNC. Dengan kode standar tersebut, pabrik mesin CNC dapat menggunakan PC sebagai input yang diproduksi sendiri atau yang direkomendasikan. Kode standar pada mesin CNC yaitu :
Mesin Bubut
Fungsi G
G00 Gerakan cepat
G01Interpolasi linear
G02/G03 Interpolari melingkar
G04 Waktu tinggal diam.
G21 Blok kosong
G24 Penetapan radius pada pemrograman harga absolut
G25/M17 Teknik sub program
G27 Perintah melompat
G33 Pemotongan ulir dengan kisar tetap sama
G64 Motor asutan tak berarus
G65 Pelayanan kaset
G66 Pelayanan antar aparat RS 232
G73 Siklus pemboran dengan pemutusan tatal
G78 Siklus penguliran
G81 Siklus pemboran
G82 Siklus pemboran dengan tinggal diam.
G83 Siklus pemboran dengan penarikan
G84 Siklus pembubutan memanjang
G85 Siklus pereameran
G86 Siklus pengaluran
G88 Siklus pembubutan melintang
G89 Siklus pereameran dengan tinggal diam.
G90 Pemrograman harga absolut
G91 Pemrcgraman harga inkremental
G92 Pencatat penetapan
G94 Penetapan kecepatan asutan
G95 Penetapan ukuran asutan
G110 Alur permukaan
G111 Alur luar
G112 Alur dalam
G113 Ulir luar
G114 Ulir dalam
G115 Permukaan kasar
G116 Putaran kasar
Fungsi M
M00 Berhenti terprogram
M03 Sumbu utama searah jarum jam
M05 Sumbu utama berhenti
M06 Penghitungan panjang pahat, penggantian pahat
M08 Titik tolak pengatur
M09 Titik tolak pengatur
Ml7 Perintah melompat kembali
M22 Titik tolak pengatur
M23 Titik tolak pengatur
M26 Titik tolak pengatur
M30 Program berakhir
M99 Parameter lingkaran
M98 Kompensasi kelonggaran / kocak Otomatis
Mesin Frais
Fungsi G
G00 Gerakan cepat
G01 Interpolasi lurus
G02 Interpolasi melinqkar searah iarum Jam
G03 Interpolasi melinqkar berlawanan arah jarum jam
G04 Lamanya tingqal diam.
G21 Blok kosonq
G25 Memanqqil sub program
G27 Instruksi melompat
G40 Kompensasi radius pisau hapus
G45 Penambahan radius pirau
G46 Pengurangan radius pisau
G47 Penambahan radius pisau 2 kali
G48 Penguranqan radius pisau 2 kali
G64 Motor asutan tanpa arus (Fungsi penyetelan)
G65 Pelavanan pita magnet (Fungsi penyetetan)
G66 Pelaksanaan antar aparat dengan RS 232
G72 Siklus pengefraisan kantong
G73 Siklus pemutusan fatal
G74 Siklus penguliran (jalan kiri)
G81 Siklus pemboran tetap
G82 Siklus pemboran tetap dengan tinj diam
G83 Siklus pemboran tetap dengan pembuangantatal
G84 Siklus penquliran
G85 Siklus mereamer tetap
G89 Siklus mereamer tetap denqan tinqqal diam.
G90 Pemroqraman nilai absolut
G91 Pemroqraman nilai inkremental
G92 Penqqeseran titik referensi
Fungsi M
M00 Diam
M03 Spindel frais hidup.searahjarumjam
M05 Spindel frais mat!
M06 Penggeseran alat, radius pisau frais masuk
M17 Kembali ke program pokok
M08 Hubungan keluar
M09 Hubungan keluar
M20 Hubungan keluar
M21 Hubungan keluar
M22 Hubungan keluar
M23 Hubungan keluar
M26 Hubungan keluar- impuls
M30 Program berakhir
M98 Kompensasi kocak / kelonggaran otomatis
M99 Parameter dari interpolasi melingkar (dalam hubungan dengan G02/303)
Tanda Alarm
A00 Salah kode G/M
A01 Salah radius/M99
A02 Salah nilaiZ
A03 Salah nilai F
A04 Salah nilai Z
A05 Tidak ada kode M30
A06 Tidak ada kode M03
A07 Tidak ada arti
A08 Pita habis pada penyimpanan ke kaset
A09 Program tidak ditemukan
A10 Pita kaset dalam pengamanan
A11 Salah pemuatan
A12 Salah pengecekan
A13 Penyetelan inchi/mm dengan memori program penuh
A14 Salah posisi kepala frais / penambahan jalan dengan LOAD ┴ / M atau ┤ / M
A15 Salah nilai Y.
A16 Tidak ada nilai radius pisau frais
A17 Salah sub program
A18 Jalannya kompensasi radius pisau frais lebih kecil dari nol
Mesin CNC Generasi Baru
Operator mesin CNC yang akan memasukkan program pada mesin sebelumnya harus sudah memahami gambar kerja dari komponen yang akan dibuat pada mesin tersebut. Gambar kerja biasanya dibuat dengan cara manual atau dengan computer menggunakan program CAD (Computer Aided Design). Seiring dengan kemajuan teknologi di bidang computer, maka telah dikembangkan suatu software yang berisi aplikasi gambar teknik dengan CAD yang sudah dapat diminta untuk menampilkan program untuk dikerjakan dengan mesin CNC. Aplikasi program tersebut dikenal dengan sebutan CAM (Computer Aided
Manufacturing). Software CAM pada umumnya dibuat oleh pabrik yang membuat mesin CNC dengan tujuan untuk mengoptimalkan kinerja mesin CNC yang diproduksinya.
Dengan menggunakan software CAM, seorang operator cukup membuat gambar kerja dari benda yang akan dibuat dengan mesin CNC pada PC. Hasil gambar kerja dapat dieksekusi secara simulasi untuk melihat pelaksanaan pengerjaan benda kerja di mesin CNC melalui layer monitor. Apabila terdapat kekurangan atau kekeliruan, maka dapat diperbaiki tanpa harus kehilangan bahan. Jika hasil eksekusi simulasi sudah sesuai dengan yang diharapkan, maka program dilanjutkan dengan eksekusi program mesin. Program mesin yang sudah jadi dapat langsung dikirim ke mesin CNC melalui jaringan atau kabel atau ditransfer melalui media rekam.
Masa Depan Mesin CNC
Dengan perkembangan teknologi informasi, maka di masa datang dimungkinkan input mesin CNC dapat berasal dari gambar kerja manual yang dibaca melalui scan, kemudian diinterpretasikan oleh PC yang terkoneksi dengan mesin CNC. Hasil dari pembacaan scan akan diolah oleh software pada PC menjadi program simulasi berupa CAD/CAM. Selanjutnya hasil simulasi akan dieksekusi menjadi program mesin CNC yang siap dieksekusi untuk membuat benda kerja.

0 ANTARA MINAT DAN PENDIDIKAN



Mesin adalah alat mekanik atau elektrik yang mengirim atau mengubah energiuntuk melakukan atau membantu pelaksanaan tugas manusia. Biasanya membutuhkan sebuah masukan sebagai pelatuk, mengirim energi yang telah diubah menjadi sebuah keluaran, yang melakukan tugas yang telah disetel. Mesin dalam bahasa Indonesia sering pula disebut dengan sebutan pesawat, contoh pesawat telepon untuk tejemahan bahasa Inggris telephone machine. Namun belakangan kata pesawat cenderung mengarah ke kapal terbang.
Mesin telah mengembangkan kemampuan manusia sejak sebelum adanya catatan tertulis. Perbedaan utama dari alat sederhana dan mekanisme atau pesawat sederhana adalah sumber tenaga dan mungkin pengoperasian yang bebas. Istilah mesin biasanya menunjuk ke bagian yang bekerja bersama untuk melakukan kerja. Biasanya alat-alat ini mengurangi intensitas gaya yang dilakukan, mengubah arah gaya, atau mengubah suatu bentuk gerak atau energi ke bentuk lainnya.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin

0 Cara Kerja System 4-Tak

Mengapa mesin disebut 4 tak, karena memang ada 4 langkah. Berikut adalah detail dari setiap proses. Untuk memudahkannya, maka setting email anda ke HTML sehingga gambar akan terlihat berurutan. Gambar diambil dari website www.howstuffworks.com/engine.htm. Pada website ini, gambar terlihat bergerak. Tetapi untuk memudahkan, gambar sengaja diset per langkah.

1. Intake
Disebut langkah intake karena langkah pertama adalah menghisap melalui piston dari karburator. Pasokan bahan bakar tidak cukup hanya dari semprotan karburator. Cara kerjanya adalah sbb. Piston pertama kali berada di posisi atas (atau disebut Titik Mati Atas). Lalu piston menghisap bahan bakar yang sudah disetting/dicampur antara bensin dan udara di karburator. Piston lalu mundur menghisap bahan bakar. Untuk membuka, diperlukan klep atau valve inlet yang akan membuka pada saat piston turun/menghisap ke arah bawah.

Gerakan valve atau inlet diatur oleh camshaft secara mekanis. Yakni, camshaft mengatur besaran bukaan klep dengan cara menekan tuas klep. Camshaft sendiri digerakan oleh rantai keteng yang disambungkan antara camshaft ke crankshaft. Untuk detilnya, lihat gambar berikut.



Perhatikan bahwa A adalah Intake Valve (klep masuk bahan bakar) dan klep ini ditekan (membuka) karena I (camshaft) menekan valve A. Dengan demikian, pada saat piston turun, maka A terbuka sekaligus bahan bakar ditarik masuk ke ruang bakar. A akan menutup sampai batas tertentu sebelum langkah kedua : kompresi. Rantai keteng tidak terlihat karena akan sulit digambarkan di atas, tetapi crankshaft (P) terhubung dengan camshaft (I). Beberapa mobil Eropa seperti Mercedez menggunakan rantai sebagai penghubung antara crankshaft dan camshaft, tetapi umumnya di mobil Jepang menggunakan belt yang kita kenal sebagai timing belt.

2. Kompresi
Langkah ini adalah lanjutan dari langkah di atas. Setelah piston mencapai titik terbawah di tahapan intake, lalu valve intake tertutup, dan dilakukan proses kompresi. Yakni, bahan bakar yang sudah ada di ruang bakar dimampatkan. Ruangan sudah tertutup rapat karena kedua valve (intake dan exhaust) tertutup. Proses ini terus berjalan sampai langkah berikut yakni meledaknya busi di langkah ke 3.



3. Combustion (Pembakaran)

Tahap berikut adalah busi pada titik tertentu akan meledak setelah PISTON BERGERAK MENCAPAI TITIK MATI ATAS DAN MUNDUR BEBERAPA DERAJAT. Jadi, busi tidak meledak pada saat piston di titik paling atas (disebut titik 0 derajat), tetapi piston mundur dulu, baru meledak. Hal ini karena untuk menghindari adanya energi yang terbuang sia-sia karena pada saat piston di titik mati atas, masih ada energi laten (yang tersimpan akibat dorongan proses kompresi). Jika pada titik 0 derajat busi meledak, bisa jadi piston mundur tetapi mengengkol crankshaft ke arah belakang (motor mundur ke belakang, bukan memutar roda ke depan).

Setelah proses pembakaran, maka piston memiliki energi untuk mendorong crankshaft yang nantinya akan dialirkan melalui gearbox dan sproket, rantai, dan terakhir ke roda.



4. Exhaust (Pembuangan)

Langkah terakhir ini dilakukan setelah pembakaran. Piston akibat pembakaran akan terdorong hingga ke titik yang paling bawah, atau disebut Titik Mati Bawah. Setelah itu, piston akan mendorong ke depan dan klep exhaust membuka sementara klep intake tertutup. Oleh karena itu, maka gas buang akan terdorong masuk ke lubang Exhaust Port (atau kita bilang lubang sambungan ke knalpot). Dengan demikian, maka kita bisa membuang semua sisa gas buang akibat pembakaran. Dan setelah bersih kembali, lalu kita akan masuk lagi mengulangi langkah ke 1 lagi.

LIHAT JUGA

member